Senin, 26 Maret 2012

Mengulas indonesia e-goverment index gunadarma

pada tulisan kali ini akan membahas   based on usability, design dan accessibility pada http://egov-rank.gunadarma.ac.id dimana e-goverment index gunadarma adalah Situs yang menyajikan hasil pemeringkatan website pemda yang merupakan hasil penelitian strategis nasional dengan judul "Model Pengukuran dan Sistem Pemeringkatan Transparansi Keuangan dan Mutu Informasi Publik pada Website Pemerintah Daerah di Indonesia". Tim penelitian terdiri dari Budi Hermana sebagai ketua serta Avinanta Tarigan, Widya Silfianti, dan Henny Medyawati sebagai anggota. Waktu penelitiannya direncanakan selama tiga tahun mulai tahun 2010. Tim peneliti semuanya adalah dosen tetap Universitas Gunadarma. Model pengukuran e-government beserta sistem pemeringkatannya terdiri dari empat varibel penelitian utama yaitu (1) Internet Finansial Disclosure Index; (2) E-Government Webmetrics Index; (3) E-Government Readiness Index, dan (4) E-Government Satisfaction Index.

1. Based on usability ( berdasarkan kegunaanya ) 
    Seperti kita kita ketahui diatas bahwa Indonesia E-Government Index yg dibuat oleh Gunadarma merupakan    Situs yang menyajikan hasil pemeringkatan website pemda yang merupakan hasil penelitian strategis nasional, maka dari sini kita ketahui bahwa fungsi atau kegunaan dari web tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada para pengelola website pemda agar terus meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan dan memelihara website pemda untuk kepentingan masyarakat. Pada tahun 2010, hasil pemeringkatannya digunakan sebagai kriteria penentuan website pemda terbaik, yang disponsori oleh Universitas Gunadarma dan mitra kerja sama lainnya. Hasil pemeringkayan disajikan pada tingkat nasional, atau berdasarkan tingkatan pemda, yaitu peringkat provinsi, peringkat kabupaten, dan peringkat kota. Selain itu, nilai peringkat untuk setiap pemda disajikan dalam bentuk peta dengan menggunakan indikator warna. 
  Pemeringkatan ini hanya berlaku untuk website pemda yang menerapkan kebijakan open content yang semua informasinya dapat diakses secara bebas oleh publik tanpa memerlukan otentifikasi berupa login atau password. Selain itu, hasil pemeringkatan berdasarkan pengukuran pada periode waktu tertentu seperti yang dijelaskan pada metodologi. Jadi, bisa saja sebuah website pemda sudah mengalami perbaikan dan penyempurnaan setelah dilakukannya pengukuran oleh tim peneliti. Tim peneliti tetap akan menerima masukan dan saran dari public untuk penyempurnaan metodologi pemeringkatan untuk system pemeringkatan yang lebih akurat di masa yang akan datang
2. Design ( Rancangan )
 
    Ketika kita membuka/mengakses  Indonesia E-goverment index  kita bisa menyimpulkan bahwa web yang mereka rancang / buat adalah termasuk web dinamis, mengapa ? karna pengertian Web Dinamis sendiri adalah Web yang content atau isinya dapat berubah – ubah setiap saat. Karena dalam teknologi pembuatan web dinamis sudah dirancang semudah mungkin bagi user yang menggunakan web dinamis tersebut. artinya tidak seperti  web statis yang apabila kita ingin merubah suatu content harus mempunyai keahlian khusus dalam scripting web nah disinilah perberbedaanya dengan dinamis Ketika kita akan mengubah content atau isi dari sebuah web dinamis kita hanya perlu masuk kebagian control panel atau bagian administrator web yang telah disediakan oleh script web dinamis.
   Saya sendiri menilai bahwa Indonesia E-goverment index  dibuat / dirancang menggunakan content management system ( CMS ) seperti wordpress,joomla, druppal dan sebagainya sehingga banyak kemudahan yang didapat  karna umumnya pada CMS kita hanya mengatur content yang  telah di persiapkan seperti merubah tampilan web, isi tulisan dan sebagainya. design / rancangan pada Indonesia E-goverment index  saya rasa cukup tepat karna untuk sebuah web yang ditunjukan untuk public tidaklah harus mempunyai tampilan yang wah dan sangat menarik cukup dengan tampilan yang sederhana namun dengan informasi yang lengkap tentunya.

3. Accessibility ( Aksebilitas )

    Aksebilitas atau  kecepatan peng-aksesan sebuah situs untuk  Indonesia E-goverment index   saya rasa  cukup baik karna dengan speed internet rendah yang saya gunakan untuk mengakses situs tersebut tidak lah memakan waktu yang lama mungkin ini disebabkan karna content animasi yang ada di situs tersebut sangat sedikit dan server yang digunakan cukup baik untuk melayani permintaan client.



6 komentar:

  1. menurut saya e-goverment gunadarma itu sangat berguna untuk membantu melihat kualitas web pemda,,,
    like this...

    BalasHapus
  2. Rupannya e-goverment gunadarma itu sangat membantu bagi para pengelola website pemda agar terus meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan dan memelihara website pemda untuk kepentingan masyarakat..

    BalasHapus
  3. wah bangga ya , ternyata gunadarma dapat berpartisipasi dalam penelitian yang dibuat oleh pemda. nice info gan :)

    BalasHapus
  4. gan ane buka link egovnya ko forbidden? tapi penjelasanya menarik juga

    BalasHapus
  5. iya nih, kok linknya forbidden???Setuju banget nih sama statementnya, website yang bagus itu tidak perlu terlalu ngejreng, yang penting pengguna bisa mengaksesnya dan mencari informasi dengan mudah,

    BalasHapus
  6. hmm,website e-goverment dengan menyajikan situs pemda,dapat meningkatkan popularitas dari gunadarma itu sendiri,
    keep posting :)

    BalasHapus